Kisah Asal Muasal Sungai Batang Ombilin dan Danau Singkarak
Ilustrasi Image by id.wikipedia.org/
Kisah Asal Muasal Sungai Batang Ombilin dan Danau Singkarak
- Sinopsis: Danau Singkarak dengan luas 107,8 m2 merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba di Pulau Sumatera, Indonesia. Danau yang berada di ketinggian 36,5 meter dari permukaan laut ini terletak di dua (2) Kabupaten (Regency/Daerah) di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.
- Sungai (Batang) Ombilin adalah nama sungai yang berhulu pada Danau Singkarak di Provinsi Sumatera Barat.( disebagian daerah Sumatera, masyarakatnya menyebut 'Sungai' itu dengan sebutan 'Batang')
- Hydrology: Aliran Sungai (Batang) Ombilin membelah pulau Sumatera, memasuki wilayah Kabupaten Sijunjung setelah pertemuan dengan Batang Palangki dan Batang Sukam hingga wilayah Provinsi Riau.
- Sungai ini berubah nama menjadi Batang (Sungai) Kuantan di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau, dan aliran sungai ini akhirnya bermuara di pantai timur Sumatera, di Selat Malaka.
- Pada bagian muara dari sungai ini yaitu pada kawasan kabupaten Indragiri Hilir, disebut juga sungai ini dengan nama Batang Indragiri atau Sungai Indragiri [id.wikipedia.org/wiki/Batang_Ombilin]
Nederlands: Photo. Spoorbrug Over de Ombilin Rivier, Padangsche Bovenlanden(1863–1922) |
Notes: Kisah pada artikel ini hanya sebuah ceritera pelipurlara masyarakat dahulu kala yang dituturkan dari mulut-kemulut. Anda sebagai Muslim tidak seharusnya mempercayai kebenarannya - kerana kejadian bumi-alam semesta beserta isinya adalah mutlak hakikinya ciptaan Allah Yang Maha Pencipta.
Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:
بَدِيعُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِۖ وَإِذَا قَضَىٰٓ أَمۡرٗا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ
Maksudnya: Allah jualah yang menciptakan langit dan bumi (dengan segala keindahannya); dan apabila Ia berkehendak (untuk menjadikan) suatu, maka Ia hanya berfirman kepadanya: "Jadilah engkau!" Lalu menjadilah ia.(Al-Qur'an-Surah-Al-Baqarah: 117)
FORTUNA MEDIA - KUALA LUMPUR- Menurut cerita, danau yang juga merupakan hulu Sungai Batang Ombilin ini dahulu memang merupakan lautan luas. Namun kerana terjadi sebuah peristiwa yang luar biasa, air laut tersebut menyusut.
Peristiwa Apakah yang menyebabkan air laut tersebut menyusut, sehingga lautan itu berubah menjadi danau? Kisahnya dapat Anda ikuti dalam cerita Asal Muasal Sungai Ombilin dan Danau Singkarak berikut ini.InsyaAllah.
Alkisah, di sebuah kampung di Daerah Sumatera Barat, hiduplah keluarga Pak Buyung. Ia tinggal di sebuah gubuk di pinggir laut bersama Istri dan seorang anaknya yang masih kecil bernama Indra. Untuk memenuhi keperluan keluarganya, Pak Buyung bersama Istrinya mengumpulkan hasil-hasil hutan dan menangkap ikan di laut.
Setiap pagi mereka pergi ke hutan di Bukit Junjung Sirih untuk mencari manau [1], rotan, dan damar [2] untuk dijual ke pasar. Jika musim ikan tiba, mereka pergi ke laut menangkap ikan dengan menggunakan pancing, bubu [3] ataupun jala.
Setiap pagi mereka pergi ke hutan di Bukit Junjung Sirih untuk mencari manau [1], rotan, dan damar [2] untuk dijual ke pasar. Jika musim ikan tiba, mereka pergi ke laut menangkap ikan dengan menggunakan pancing, bubu [3] ataupun jala.
Ketika sudah berumur sepuluh tahun, Indra sering membantu kedua IbuBapanya ke hutan mahupun ke laut. Betapa senang hati Pak Buyung dan istrinya mempunyai anak yang rajin seperti Indra. Namun, ada satu hal yang membuat mereka risau, kerana si Indra memiliki suatu keanehan, yaitu selera makannya amatlah berlebihan. Dalam sekali makan, ia dapat menghabiskan nasi setengah bakul dengan lauk beberapa piring.
Pada suatu ketika, musim paceklik [4] tiba. Baik hasil hutan mahupun hasil laut sangat sulit diperoleh. Untuk itu, keluarga Pak Buyung harus berhemat terutama menahan selera makan. Mereka harus makan apa adanya. Jika tidak ada nasi, mereka makan ubi kayu (singkong) atau pun keladi (talas).
Cukup lama musim paceklik berlangsung, sehingga mereka semakin kesulitan mendapatkan makanan. Hal itu rupanya membuat mereka lebih peduli pada diri sendiri daripada terhadap anaknya. Kesulitan mendapatkan makanan itu juga membuat mereka hampir berputus asa. Mereka sering bermalas-malasan pergi mencari rotan ke hutan dan mencari ikan ke laut.
Cukup lama musim paceklik berlangsung, sehingga mereka semakin kesulitan mendapatkan makanan. Hal itu rupanya membuat mereka lebih peduli pada diri sendiri daripada terhadap anaknya. Kesulitan mendapatkan makanan itu juga membuat mereka hampir berputus asa. Mereka sering bermalas-malasan pergi mencari rotan ke hutan dan mencari ikan ke laut.
Sudah beberapa hari keluarga Pak Buyung hanya makan ubi bakar. Tentu hal itu tidak mengenyangkan perut si Indra. Suatu hari, Indra menangis minta makanan kepada kedua Ibu Bapanya.
“Ayah, carikan saya makanan! Saya sangat lapar,” keluh Indra.
“Hei, anak malas! Kalau kamu lapar carilah sendiri makanan ke hutan atau ke laut sana!” seru ayahnya dengan nada kesal.
“Pak! Bukankah anak kita masih kecil? Tentu dia belum bisa mencari makanan sendiri,` sahut sang Ibu.
“Iya, dia memang masih anak-anak. Tapi, dia yang paling banyak makannya,” bantah sang suami.
Mendengar bantahan Suaminya itu, sang Istri pun diam. Ia kemudian membujuk Indra agar berangkat sendiri ke Bukit Junjung Sirih untuk mencari hasil-hasil hutan di Bukit. Indra pun menuruti nasehat ibunya.
Sebelum berangkat ke hutan, Indra terlebih dahulu memberi makan seekor ayam peliharaannya yang bernama Taduang. Si Taduang adalah seekor ayam yang pandai. Setiap kali tuannya (si Indra) pulang dari hutan, ia selalu berkokok menyambut kedatangan tuannya.
Sebelum berangkat ke hutan, Indra terlebih dahulu memberi makan seekor ayam peliharaannya yang bernama Taduang. Si Taduang adalah seekor ayam yang pandai. Setiap kali tuannya (si Indra) pulang dari hutan, ia selalu berkokok menyambut kedatangan tuannya.
Menjelang siang, Indra pulang dari hutan tanpa membawa hasil. Keesokan harinya, Ayahnya memerintahkannya pergi ke laut untuk memancing ikan. Saat Indra pergi ke laut, Ayah dan Ibunya hanya tidur-tiduran di gubuk. Tampaknya, mereka benar-benar sudah putus asa menghadapi kesulitan hidup. Keadaan demikian berlangsung selama sebulan, sehingga Indra merasa tubuhnya sangat lelah dan berniat untuk beristirahat beberapa hari.
Pada suatu hari, sepulang dari laut mencari ikan, Indra berkata kepada ayahnya:
“Ayah! Badanku terasa sangat letih. Bolehkah saya beristirahat untuk beberapa hari?” pinta Indra.
“Apa katamu? Dasar anak malas! Kamu tidak boleh beristirahat. Besok kamu harus tetap kembali ke laut mencari ikan,” ujar sang Ayah.
Oleh kerana tidak ingin membatah perintah Ayahnya, keesokan harinya Indra pergi ke laut mencari ikan. Ketika Indra berangkat ke laut, secara diam-diam Ibunya juga berangkat ke laut. Tapi, ia menuju ke sebuah tanjung, agak jauh dari tempat Indra mencari ikan. Sementara Ayahnya pergi ke hutan.
Menjelang siang, Pak Buyung kembali dari hutan dengan membawa seikat ijuk [5]. Sesampainya di rumah, ia melihat Istrinya sedang membersihkan pensi (sejenis kerang berukuran kecil).
“Sedang apa, Bu"?” tanya Pak Buyung kepada Istrinya.
“Sedang membersihkan pensi, Pak! Tadi ketika hendak mencari ikan di laut, aku melihat banyak warga dari kampung tetangga sedang mencari pensi. Akhirnya aku pun ikut mencari pensi bersama mereka,” jawab istrinya.
“Bagaimana cara memasaknya? Bukankah Ibu belum pernah memasak pensi sebelumnya? ” tanya Pak Buyung.
“Tenang, Pak! Kata seorang warga dari kampung tetangga, daging pensi enak jika dimasak pangek [6],” jelas Istrinya.
“Wah, kalau begitu, kita makan enak siang ini,” ucap Pak Buyung sambil mengusap-usap perutnya yang sudah keroncongan.
Setelah membersihkan pensi itu, sang Istri pun segera membuatkan bumbu dan memasaknya. Tak lama kemudian, aroma masakan pangek pun tercium oleh Pak Buyung.
“Wah, harum sekali aromanya. Istriku memang pintar memasak,” puji Pak Buyung seraya mendekati Istrinya yang sedang masak di dapur.
“Bu, apakah pangek ini cukup kita makan bertiga?” tanya Pak Buyung.
“Tentu saja cukup,” jawab Istrinya.
“Apakah Ibu sudah lupa kalau si Indra makannya banyak? Pangek ini pasti tidak cukup dia makan sendiri,” kata Pak Buyung.
"Kalau begitu, apa yang harus kita lakukan, Pak?” tanya Istrinya.
“Bagaimana kalau kita makan diam-diam, selagi si Indra masih berada di laut,” saran Pak Buyung.
“Tapi, sebentar lagi dia pulang,” kata Istrinya.
“Kalau dia pulang, pasti akan ketahuan.,” ucap Pak Buyung.
“Bagaimana Bapak bisa mengetahuinya!” tanya Istrinya.
“Jika si Taduang berkokok, berarti si Indra telah pulang,” jawab Pak Buyung.
Sang Istri pun mengangguk-angguk mendengar jawaban Suaminya. Keduanya pun menyantap 'masakan pangek' itu dengan lahapnya.
Namun, baru makan beberapa suap, tiba-tiba ayam peliharaan Indra si Taduang berkokok. Mendengar kokok ayam itu, kedua suami-istri itu segera mencuci tangan, lalu membereskan makanan dan menyembunyikannya di bawah tempat tidur.
Ketika Indra masuk ke gubuk, ia melihat kedua Ibu Bapanya sedang duduk-duduk bersantai. Kedua IbuBapanya terlihat tenang, seakan-akan tidak ada sesuatu yang terjadi.
Namun, baru makan beberapa suap, tiba-tiba ayam peliharaan Indra si Taduang berkokok. Mendengar kokok ayam itu, kedua suami-istri itu segera mencuci tangan, lalu membereskan makanan dan menyembunyikannya di bawah tempat tidur.
Ketika Indra masuk ke gubuk, ia melihat kedua Ibu Bapanya sedang duduk-duduk bersantai. Kedua IbuBapanya terlihat tenang, seakan-akan tidak ada sesuatu yang terjadi.
“Hei, Indra! Mana ikan yang kamu peroleh?” tanya Ayahnya.
“Maaf, Ayah! Hari ini aku tidak memperoleh ikan?” jawab Indra dengan wajah kusut.
“Kenapa kamu pulang kalau belum memperoleh ikan?” tanya Ayahnya.
“Maaf, Ayah! Saya sangat letih dan lapar,” jawab Indra.
“Hei, apa yang bisa kamu makan kalau tidak memperoleh ikan?” sang Ayah kembali bertanya.
“Saya sudah berusaha, Ayah. Tapi belum berhasil,” jawab Indra.
“Ayah, Ibu! Adakah sesuatu yang bisa saya makan. Sekedar pengganjal perut,” pinta Indra kepada kedua orangtuanya.
“Tidak! Hari ini tidak ada makanan untuk anak pemalas,” kata Ayahnya.
“Tapi, Ayah! Saya lapar sekali,” keluh Indra sambil memegang perutnya.
“Baiklah! Kamu boleh makan, tapi kamu harus mencuci ijuk ini sampai bersih,” sahut Ibunya sambil menyerahkan ijuk yang tadi dibawa Suaminya dari hutan.
Indra pun segera pergi ke laut mencuci ijuk itu kerana ingin mendapatkan makanan dari kedua Ibu Bapanya. Ketika Indra berangkat ke laut, kedua Ibu bapanya kembali melanjutkan acara makan mereka.
“Wah, meskipun baru kali ini Ibu memasak pangek pensi, tapi rasanya lazat sekali,” sanjung Pak Buyung kepada Istrinya.
Sang Istri tersenyum mendengar sanjungan Suaminya. Kemudian sepasang Suami Istri itu makan masakan pangek pensi dengan lahapnya. Mereka baru berhenti makan setelah perut mereka benar-benar sudah penuh. Selesai makan, mereka kembali menyembunyikan makanan yang masih tersisa di bawah tempat tidur.
Tidak beberapa lama kemudian, si Taduang terdengar berkokok, pertanda tuannya telah kembali dari laut. Ketika masuk ke dalam gubuk, Indra melihat kedua orangtuanya masih sedang duduk bersantai.
Tidak beberapa lama kemudian, si Taduang terdengar berkokok, pertanda tuannya telah kembali dari laut. Ketika masuk ke dalam gubuk, Indra melihat kedua orangtuanya masih sedang duduk bersantai.
“Bagaimana? Apakah ijuk itu sudah bersih kamu cuci?” tanya Ibunya.
“Sudah, Bu,” jawab Indra sambil meletakkan ijuk itu di depan Ibunya.
“Hah! Kenapa masih hitam begini? Kamu harus mencucinya hingga berwarna putih,” ujar Ibunya.
“Tapi, Bu"! Aku sudah berusaha mencucinya berkali-kali, bahkan aku menggosoknya dengan campuran pasir, tapi masih tetap berwarna hitam,” sanggah Indra.
“Ah, alasan saja! Cuci lagi ijuk itu ke laut!” seru Ayahnya.
Musim Paceklik adalah Musim dimana petani tidak dapat panen-tuaian (gagal panen) kerana musim kemarau panjang Dengan langkah sempoyongan, Indra pun kembali ke laut. Sesampainya di laut, ia terus berusaha mencuci dan menggosok ijuk itu hingga berkali-kali, tetapi tetap saja berwarna hitam. Rupanya Indra yang masih anak-anak tidak mengetahui jika ijuk itu memang pada dasarnya berwarna hitam. Meskipun ijuk itu berkali-kali dicuci dan digosok, tentu tidak akan pernah berwarna putih.
Menjelang senja, Indra kembali ke gubuknya. Ketika masuk ke ruang tengah gubuknya, ia tidak lagi melihat kedua IbuBapanya duduk-duduk. Dengan perlahan-lahan, ia melangkah menuju ke ruang dapur. Betapa terkejutnya ia ketika melihat kedua Ibu Bapanya sedang tertidur pulas di ruang dapur. Di sekeliling mereka berserakan piring makan, bakul nasi, dan panci pangek pensi yang telah kosong. Hanya kuah dengan beberapa cuil daging pensi yang tersisa.
Alangkah sedihnya hati Indra menyaksikan semua itu. Kini ia menyadari bahwa kedua Ibu Bapanya telah menipu dan membohonginya.
Namun, sebagai anak yang berbakti, dia tidak ingin marah kepada mereka yang telah melahirkannya. Ia pun berjalan keluar dari gubuknya sambil mengusap air mata yang menetes di pipinya. Saat berada di luar gubuk, ia langsung menangkap ayam kesayangannya, si Taduang. Kemudian ia duduk di atas batu di samping gubuknya sambil mengusap-usap bulu si Taduang.
[2] damar ialah sejenis bahan berupa getah keras yang diperoleh daripada beberapa jenis pepohonan.
Juga damar merupakan sejenis tumbuhan yang disebut buah keras (Melayu), tondeh (Minangkabau) atau kemiri (Jawa)
[3] Bubu- atau Lukah (Minangkabau) merupakan beberapa jenis alat untuk menangkap ikan. Ia seperti bakul-terbuat dari buluh-bambu-rotan yang membolehkan ikan masuk kedalamnya tetapi terhalang untuk ikan keluar. Pelbagai jenis bubu seperti bubu batang, bubu diam, bubu jantung dan bubu tadah. Menahan bubu atau memasang bubu bermaksud menempatkan bubu dalam air untuk menangkap ikan. Bubu dipasang di sungai atau di laut. Ada juga bubu yang dibubuh umpan untuk menarik perhatian ikan.
[4] musim paceklik [Jawa] musim kekurangan bahan makanan.
Namun, sebagai anak yang berbakti, dia tidak ingin marah kepada mereka yang telah melahirkannya. Ia pun berjalan keluar dari gubuknya sambil mengusap air mata yang menetes di pipinya. Saat berada di luar gubuk, ia langsung menangkap ayam kesayangannya, si Taduang. Kemudian ia duduk di atas batu di samping gubuknya sambil mengusap-usap bulu si Taduang.
“Taduang! Rupanya Ayah dan Ibuku telah menipuku. Untuk apalagi aku tinggal bersama mereka di sini, kalau mereka sudah tidak menyayangiku lagi,” kata Indra kepada ayamnya.
Mendengar pernyataan Indra, ayam itu pun berkokok berkali-kali, pertanda bahwa ia mengerti perasaan tuannya. Si Taduang kemudian mengepak-ngepakkan sayapnya. Indra pun mengerti bahwa ayam kesayangannya itu akan mengajaknya pergi meninggalkan kampung itu.
Dengan cepat, Indra pun segera berpegangan pada kaki si Taduang. Beberapa saat kemudian, si Taduang terbang ke udara, sementara Indra tetap berpegangan pada kakinya. Saat tubuh Indra terangkat, batu tempat Indra duduk itu juga ikut terangkat.
Anehnya, semakin tinggi mereka terbang, batu itu semakin membesar. Akhirnya, si Taduang pun sudah tidak kuat lagi membawa terbang si Indra bersama batu besar itu.
Melihat hal itu, Indra pun segera menyentakkan kakinya, sehingga batu besar itu melesat menuju ke bumi dan menghantam salah satu bukit yang ada di sekitar lautan. Hantaman batu itu membentuk sebuah lubang memanjang. Dengan cepat, air laut pun mengalir ke arah lubang itu dan menembus bukit, sehingga membentuk aliran sungai.
Dengan cepat, Indra pun segera berpegangan pada kaki si Taduang. Beberapa saat kemudian, si Taduang terbang ke udara, sementara Indra tetap berpegangan pada kakinya. Saat tubuh Indra terangkat, batu tempat Indra duduk itu juga ikut terangkat.
Anehnya, semakin tinggi mereka terbang, batu itu semakin membesar. Akhirnya, si Taduang pun sudah tidak kuat lagi membawa terbang si Indra bersama batu besar itu.
Melihat hal itu, Indra pun segera menyentakkan kakinya, sehingga batu besar itu melesat menuju ke bumi dan menghantam salah satu bukit yang ada di sekitar lautan. Hantaman batu itu membentuk sebuah lubang memanjang. Dengan cepat, air laut pun mengalir ke arah lubang itu dan menembus bukit, sehingga membentuk aliran sungai.
Konon, itulah yang menjadi asal muasal Sung18pxai Batang Ombilin, yang bermuara ke daerah Provinsi Riau. Semakin lama air laut itu semakin menyusut, sehingga lautan itu berubah menjadi Danau Singkarak yang hingga kini menjadi kebanggaan masyarakat Daerah Solok.
Sementara itu - Indra yang diterbangkan oleh ayam kesayangannya - si Taduang, hingga kini tidak diketahui keberadaannya.
Sementara itu - Indra yang diterbangkan oleh ayam kesayangannya - si Taduang, hingga kini tidak diketahui keberadaannya.
Danau Singkarak dan Sungai Ombilin
Demikian ceritera Asal Muasal Sungai Ombilin dan Danau Singkarak dari daerah Sumatra Barat, Indonesia. Cerita di atas termasuk kategori lagenda yang mengandungi pesan-pesan moral. Salah satu pesan moral yang dapat dipetik dari cerita di atas adalah akibat buruk dari sifat suka mementingkan diri sendiri. Sifat ini tercermin pada sikap dan perilaku Pak Buyung bersama Istrinya yang lebih mementingkan diri mereka sendiri dan melalaikan anak mereka yang sedang kelaparan. Akibatnya, mereka pun ditinggal pergi oleh anaknya. [HSZ]
Dikatakan dalam tunjuk ajar pribahasa Melayu:
Dikatakan dalam tunjuk ajar pribahasa Melayu:
"kerja beramai",
"makan sendiri"
Adaptasi dari sumber: ilmukesaktian.blogspot.com
Editor; Romy Mantovani
Ilustrasi Image; Doc, Romy Mantovani
- Dictionary:
[2] damar ialah sejenis bahan berupa getah keras yang diperoleh daripada beberapa jenis pepohonan.
Juga damar merupakan sejenis tumbuhan yang disebut buah keras (Melayu), tondeh (Minangkabau) atau kemiri (Jawa)
[3] Bubu- atau Lukah (Minangkabau) merupakan beberapa jenis alat untuk menangkap ikan. Ia seperti bakul-terbuat dari buluh-bambu-rotan yang membolehkan ikan masuk kedalamnya tetapi terhalang untuk ikan keluar. Pelbagai jenis bubu seperti bubu batang, bubu diam, bubu jantung dan bubu tadah. Menahan bubu atau memasang bubu bermaksud menempatkan bubu dalam air untuk menangkap ikan. Bubu dipasang di sungai atau di laut. Ada juga bubu yang dibubuh umpan untuk menarik perhatian ikan.
[4] musim paceklik [Jawa] musim kekurangan bahan makanan.
[5] Ijuk adalah serabut hitam dan keras yang berfungsi melindungi pangkal pelepah daun pohon aren, pohon enau (boleh dibuat tali dan atap - sapu ijuk)
[6] Masakan Pangek - merupakan salah satu teknik memasak khas Suku Minangkabau - Sumatera Barat, yaitu mengentalkan bumbu-rempah ratus dan santan kelapa terlebih dahulu sebelum memasukkan bahan utama. Teknik memasak seperti ini menghasilkan konsistensi (ketekalan/ketebalan) kuah yang lebih kental dibanding kuah gulai biasanya.
RELATED POST,
Kisah Lagenda, Asal Usul Ikan Patin
Mengenali Etymology-Adat Budaya & Etnik "Urang Awak Minangkabau"[1]
Mengenali Etymology-Adat Budaya & Etnik "Urang Awak Minangkabau"[2]
Misteri 'The Homo Floresiensis Ebu Gogo' dari Nusa Tenggara Timur Indonesia[1]
VIDEO:
No comments
Post a Comment