5 Profesi Yang Patut Dicoba Saat Anda Jadi Mahasiswa

 Mahasiswa bekerja sambilan adalah untuk menambah pundi-pundi uang simpanan.Dan tidak boleh dinafikan juga,selain menambah pendapatan.Anda juga memiliki pengalaman lain dan mungkin saja sesuai dengan pekerjaan idaman anda.

Hey Dude, Di Malaysia kini para mahasiswa universiti peringkat degree(ijazah) sedang menjalani cuti semester.Alangkah baiknya cuti tersebut dimanfaatkan untuk mencari tambahan uang saku,daripada masa terbuang begitu saja.

Bagi mahasiswa foreigner yang kuliah di universiti swasta Malaysia, bekerja saat kuliah tidak akan menjadi beban kepada mereka.malah peluang cuti semester ini sangat ditunggu-tunggu.Menurut mereka memiliki time management yang tepat, kerja sampingan justru banyak manfaatnya.

Ditambah lagi kini kos sara hidup yang semakin meningkat di Malaysia,ramai kita temui para mahasiswa foreigner dan tempatan yang mencoba nasibnya dengan memiliki kerja sampingan.Dan tidak boleh dinafikan juga, selain menambah pendapatan,anda juga memiliki pengalaman lain dan mungkin saja sesuai dengan pekerjaan idaman Anda.

Berikut senarai pekerjaan sampingan yang boleh anda jalani sebagai mahasiswa yang lagi bercuti;

1.Penulis.






Menjadi Penulis mungkin salah satu pekerjaan yang tidak asing kini.Ramai para mahasiswa yang sukses dibidang penulisan misalnya menulis novel dan e.book.

Dan bagi anda yang belum pernah menjalaninya.Kini saat bercuti ini adalah waktu yang sesuai memulainya.Tentunya anda akan memiliki kebanggaan tersendiri jika tulisan anda bisa muncul di salah satu media dan dibaca banyak orang.

Selain itu dengan menjadi seorang penulis anda juga akan dituntut lebih bisa produktif dan kreatif di dalam tulisan anda. Jadi selama menjadi mahasiswa anda pun punya suatu pengalaman baru.

At least, tidak hanya di situ, jika anda ingin serius kerja di bidang media. Pastinya hal ini jadi bekal yang sangat berharga. Blog Hey Dude sendiri juga sangat terbuka untuk menerima kiriman tulisan Anda. He-he.Silahkan saja email ke fortunamediacyber@gmail.com

2.Barista.



                            (Foto petikan dari Filem 'Filosofi Kopi')

Bagi Anda penikmat kopi tentunya sangat faham seperti apa kopi yang enak dan bagaimana meracik kopi yang sedap. 

Tapi bagi mereka yang bukan penikmat kopi mungkin perlu tahu seputar dunia kopi dan barista.
Nah,Barista tidak bisa lepas dari kopi. Kerana lewat tangan seorang Barista, rasa kopi yang berkualiti akan menjadi lebih nikmat saat Anda meminumnya.

Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan.

Istilah Barista merupakan arti dari 'Bartender' dalam bahasa Italy yang secara khusus mempersiapkan dan menyajikan espresso dan minuman yang berasaskan espresso. Di Italy, barista adalah salah satu posisi yang didambakan.

Menjadi Barista memerlukan masa belajar yang signifikan dan kerananya tidak seorangpun yang akan menganggap posisi ini sembarangan kerana ini memerlukan dedikasi waktu dan pelatihan hingga menguasai seni terbaik cara membuat kopi.

Dulu perkerjaan ini mungkin dipandang sebelah mata,namun menjamurnya coffee shop di berbagai kota pasti jadi peluang bagi para mahasiswa. Selain itu stereotype barista sendiri kini dianggap sebagai pekerjaan yang berkelas.

3.Photographers(Fotografer)


Bidang profesi Photographers sudah tidak asing lagi kini bagi mahasiswa dan non mahasiswa.Karier ini yang boleh dikatakan sudah menjadi prestij kerana banyaknya muncul kamera digital yang canggih.


 Nah, bermodalkan mau belajar, pinjam kamera teman, hingga menjadi pekerjaan sambilan, tentu menjadi seorang fotografer bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Anda boleh memulakan dengan projek-projek kecil.Kelak,dari situ anda pun bisa meng-upgrade ilmu dan gear anda sendiri. Hebatnya, dari yang dulunya pinjam kamera teman, sekarang sudah punya sendiri. Salut tuh?

4.Volunteer Event.

  Baca juga;Bagaimana LifeStyle Hidup Mewah Yang Hedon Musnahkan Hidup Seseorang.

Para mahasiswa dinegara manapun,sudah pasti  pernah mengalami atau ikut kegiatan seperti ini. Ya, seiring berjalannya waktu kegiatan yang mengandalkan relawan -- yang sebagian besar mahasiswa -- ini cukup diminati banyak anak muda.

Dilihat dari segi penyeleggara pastinya akan low budget jika dibandingkan dengan meng-hiring profesional. Tapi, namanya juga anak muda mahasiswa, siapa yang tak suka pamer penampilan diri, menambah teman, dapat uang saku.Dan sampai dilibatkan dalam acara skala besar bahkan internasional? Pastinya jawaban itu semua ada divolunteer event.

5. Penyiar Radio.


Bidang profesi penyiaran untuk menjadi Penyiar Radio,dalam istilah topnya menjadi DJ Radio di negara kita Malaysia ini sangat terbatas peluangnya.

Bukan soal susah atau ketatnya penerimaan sebagai Penyiar Radio,dinegara kita.Tidak sama sekali!

Sebab utama kurang berkembangnya profesi Penyiar Radio ini adalah kerana sangat kurangnya stesen radio swasta dinegara ini.Seperti kita maklumi kerajaan sangat ketat dalam pengeluaran lesen stesen radio swasta.

JIka adapun kita lihat wujudnya radio swasta di Malaysia adalah bersifat monopoli.Dimana seorang korporat berpengaruh boleh memiliki lebih daripada 5(baca: lima)buah stesen radio swasta.Tentu anda kenal siapa orangnya bukan!

Berbanding dinegara jiran kita Indonesia,stesen radio swasta sudah me-rakyat sejak zaman penjajahan Belanda lagi hingga kini.Anda bayangkan bandar seluas Kelang boleh mempunyai stesen radio swasta/niaga lebih 6 stesen radio swasta yang dimiliki rakyat biasa bukan korporat atau politikus.

Berbagai bentuk dan kategori stesen radio di Indonesia; ada radio swasta niaga.radio swasta komuniti.radio swasta peladang/petani. Dan kini muncul pula radio swasta internet.dan berbagai lagi.


Bagi mahasiswa yang meminati bidang penyiaran dan komunikasi tentunya ini menjadi suatu pekerjaan yang didambakan.

Selain anda 'berciloteh' yang dibayar, menjadi seorang penyiar radio juga akan mengembangkan anda sebagai orang yang supel (outgoing person) dan mudah bergaul dengan masyarakat.

Seiring berjalannya waktu profesi ini sendiri berkembang dan sangat menjanjikan di kemudian hari. Tentunya jika anda memang berbakat menjadi seorang Penyiar Radio akan membuka peluang untuk pekerjaan lainnya, mulai dari MC, Penulis, bahkan Pelakon Filem.

  Baca juga;Wahyudin 'Pemulung Ganteng' Kini Menatap Doctoral Degree ke Luar Negeri.

No comments