Saya
sangat terkesan dengan perusahaan fashion Eropah yang sangat sukses
membangun brand mereka. Kesuksesan pembangunan brand atau merk ini
terbukti dengan banyaknya konsumen yang rela mengeluarkan uang hingga
puluhan ribu ringgit demi mendapatkan produk dengan merk tersebut.
Sebut saja brand atau jenama CHANEL,beg tangan atau orang Indonesia sebut Tas,
dengan merk ini harganya bahkan mencapai ribuan ringgit.
Kerana fanatiknya konsumen dengan merk;brand yang telah
saya sebutkan tadi, terkadang disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak
bertanggung jawab.
Konsumen tersebut bisa saja telah mengeluarkan uang
yang sangat banyak ternyata barang yang ia beli adalah barang palsu
yang nampak asli. "Kan yang terpenting ada brandnya, kata mereka".!
Baca juga;
Tidak
hairan kerana tingginya permintaan market terhadap beg branded yang
sukses mengglobalkan produk mereka sehingga mendapatkan tempat yang
sangat spesial di hati para wanita.
Kesuksesan branding oleh
CHANEL,BALENCIAGA, HERMES , LOUIS VUITTON, CHLOE dan banyak lagi jenama beg yang ada di pasaran dijadikan peluang bisnis bagi
negara-negara Asia seperti China, Korea bahkan Indonesia untuk
memproduksi barang yang ASPAL (Asli tapi Palsu).
Memiliki
barang-barang ASPAL menjadi keuntungan sendiri bagi para konsumennya
kerana mereka mendapatkan tas-beg dengan brand yang diinginkan dengan harga
yang murah dengan tampilan yang sama walaupun untuk kualiti tidak
dapat dipastikan.
Namun tahukah anda bahwa dengan membeli barang ASPAL
tersebut kita sama saja mencuri hak cipta dari para designer yang
bekerja keras untuk menciptakan design tersebut.
Belum lagi dengan
kerugian yang di derita oleh produsen yang telah susah payah melakukan
promosi namun tidak mendapatkan hasil bahkan mereka merehatkan karyawan
mereka kerana telah dibajak-rompak oleh negara-negara tersebut.
Maka
dapat kita katakan bahwa yang kita lakukan jika membeli barang bajakan
tersebut adalah kegiatan yang merugikan pihak lain.
Hal yang
seharusnya kita pelajari dan tiru dari branded tersebut adalah: Bagaimana cara membuat produk kita dicintai oleh konsumen? Mengapa
mereka sangat mendunia ? Apakah cara promosinya? Kualiti bahan atau
desainnya ?
Produk mereka mendunia kerana artis-artis dari negara
mereka bangga untuk menggunakan tas buatan mereka.Begitu pula dengan
para penggunanya yang tidak mau membeli barang bajakan dan bangga
menggunakan produk dalam negeri mereka sehingga para
produsen(pengeluar)memiliki dana untuk terus berkembang dan menciptakan
kreasi baru dan terus melakukan inovasi produk.
Memulai seperti
yang mereka lakukan pasti tidak akan mudah namun bukannya tidak
mungkin bukan ?
Sebagai konsumen yang baik mulai mencintai dan memakai
produk asli buatan dalam negeri,bukan tidak mungkin suatu saat beg branded buatan kita akan mendunia dan menjadi kebanggaan untuk negeri
kita.
Moga kita bisa maju dengan produk inovasi anak-bangsa,bukan jadi lanun
atau bajak produk inovasi negara lain.
Maju terus produk dalam negeri !
Maju terus MalaysiaKu ! InsyaAllah.
No comments:
Post a Comment