Apakah Sistem Pendidikan di Purwakarta Sehingga Mendapat Perhatian Penyelidik Dunia itu?

Sistem tersebut ditunjang dengan pendidikan membentuk moral spiritual. Cara tersebut ditempuh melalui kewajiban menjalankan puasa dua kali dalam seminggu, baca dan tulis Alquran dan mendirikan Sholat Duha.

          

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Menerima Cenderamata Di Markas PBB



Hello Guest.
Dedi Mulyadi adalah seorang Bupati (di Malaysia digelar Pegawai Daerah) dari kota Purwakarta Jawa Barat Indonesia.Yang sempat memberikan pembentangan terkait sistem pendidikan yang diterapkan di daerah kepemimpinannya dalam forum International Young Leader Assembly di markas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).


Sejumlah para penyelidik pendidikan dunia tertarik untuk mengkaji sistem yang berasaskan kebudayaan Sunda tersebut.

"Mereka tertarik untuk meneliti, dan saya persilahkan mereka untuk datang ke Purwakarta untuk meriset bagaimana sistem pendidikan yang telah diterapkan," ujar Dedi melalui keterangan tertulis diterima Dream, Jumat, 21 Ogos2015.dan dikutip oleh FortunaMedia.com untuk postingan blog ini.

Baca juga;


Dedi mengatakan sistem pendidikan tersebut sengaja dibuat sebagai langkah kejayaan prestasi pelajar dalam menanamkan nilai-nilai kebudayaan Sunda di kalangan pelajar.


Dia mengaku bersyukur langkah terobosan tersebut mendapat apresiasi luar biasa dari dunia internasional.

"Syukur Alhamdulillah, penerapan pendidikan yang berasaskan kebudayaan Sunda mendapatkan perhatian lebih,dimasa depan mutu pendidikan akan meningkat lagi," ungkap Dedi.

Sistem pendidikan di Purwakarta mewajibkan setiap pelajar untuk melakukan beberapa kegiatan seperti 'masuk sekolah seawal pukul 06.00 WIB(waktu Indonesia barat) dan membawa bekal makanan dari rumah'.
Selain itu, pelajar wajib membuat beg sekolah sendiri, dan beg untuk kegunaan lain,memelihara haiwan ternakan dan bercocok tanam sebagai bentuk pembangunan karakter yang mandiri.
Sistem tersebut ditunjang dengan pendidikan membentuk moral spiritual. Cara tersebut ditempuh melalui kewajiban menjalankan puasa dua kali dalam seminggu, membaca dan menulis Alquran dan mendirikan Sholat Duha.

Info tambahan[sumber]

Kabupaten Purwakarta, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia terletak ±80 km sebelah timur Jakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Utara dan sebagian wilayah Barat, Kabupaten Subang di bagian Timur dan sebagian wilayah bagian Utara, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya.

Kabupaten Purwakarta berada pada titik-temu tiga koridor utama lalu-lintas yang sangat strategik, yaitu Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung dan Purwakarta-Cirebon.

Kabupaten Purwakarta memiliki motto (slogan) Wibawa Karta Raharja. "Wibawa" berarti berwibawa atau penuh kehormatan, "Karta" berarti ramai atau hidup, dan "Raharja' berarti keadaan sejahtera atau makmur. Sehingga “Wibawa Karta Raharja” dapat diartikan sebagai daerah yang terhormat/berwibawa, ramai/hidup, serta makmur atau sejahtera.

Etimologi

Purwakarta berasal dari suku kata "purwa" yang artinya permulaan dan "karta" yang berarti ramai atau hidup. Pemberian nama Purwakarta dilakukan setelah kepindahan ibukota Kabupaten Purwakarta dari Wanayasa ke Sindang Kasih.

Peristiwa perpindahan ibukota kabupaten ini setiap tahunnya diperingati pada tanggal 20 July dengan melakukan napak tilas dari Wanayasa ke Sindang Kasih.



Foto;Alun-alun dan masjid, Purwakarta1920-1935.
Pembuat G.F.J. (Georg Friedrich Johannes) Bley (Fotograaf/photographer)/wikipedia.id.

No comments