THE GOOGLE DOODLE EARTH DAY 2015

FortunaMedia.blogspot.com--THE GOOGLE DOODLE EARTH DAY 2015
Hari ini dalam rangka Hari Bumi-Earth Day 2015.Google ikut berpartisipasi dengan menerbitkan Google Doodles Earth Day 2015.Dan untuk merayakannya Google juga menerbitkan Kuiz THE GOOGLE DOODLE EARTH DAY QUIZ!




Sebelum ini Google pernah menerbitkan :Google Doodle;Halloween Horror Nights 2014.


WHICH ANIMAL ARE YOU? TAKE THE GOOGLE DOODLE EARTH DAY QUIZ!
Hari Bumi adalah waktu yang tepat untuk mencari informasi tentang bagaimana untuk merayakan dan melindungi planet kita-dan sekarang waktu yang tepat untuk mengetahui sesuatu tentang diri sendiri juga.

Dalam doodle pertama, klik pada tahun ini logo Hari Bumi (atau kuiz "Hari Bumi ") Google menghadirkan salah satu hiburan favorit Internet: kuis konyol. Luangkan waktu untuk menjawab beberapa pertanyaan dan Anda juga dapat menentukan, berbagi, dan belajar lebih banyak tentang haiwan paling dekat mewakili kepribadian Anda.

(The Earth Day Doodle Crew)

Dan saya telah mengikuti kuiz tersebut ternyata
haiwan paling dekat mewakili kepribadian sayaadalah jenis serangga; Honey bee.-Anda juga boleh mencoba kuiz ini sekarang!



Sebagai penghuni bumi ciptaan Allah SWT yang maha hebat ini,kita perlu juga mengenali serba sedikit tentang planet bumi yang kita pijak tanahnya,kita hirup udaranya serta kita minum airnya.

Nama dan Etimologi Bumi,

Dalam bahasa Inggeris moden, kata benda earth dikembangkan dari kata bahasa Inggeris Pertengahan erthe (dicatat pada 1137), yang berasal dari kata bahasa Inggris Kuno eorthe (sebelum 725), sedangkan kata itu sendiri berasal dari kata Proto-Jermanik *erthō.

 Earth memiliki kata kerabat pada semua bahasa Jermanik lainnya, termasuk aarde dalam bahasa Belanda, Erde dalam bahasa Jerman, dan jord dalam bahasa Sweden, Denmark, dan Norway.[ Earth adalah perumpamaan untuk dewi paganisme Jermanik (atau Jörð dalam mitologi Norse, ibu dari dewa Thor)

Dan dalam bahasa Indonesia, kata bumi berasal dari bahasa Sanskerta bhumi, yang berarti tanah, dan selalu ditulis dengan huruf kapital ("Bumi"), untuk merujuk pada planet Bumi, sementara "bumi" dengan huruf kecil merujuk pada permukaan dunia, atau tanah.

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari lapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya.Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Bumi terbentuk sekitar 4,54 bilion tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada bilion tahun pertama.

Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan.

Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan.

 Tentang Masa Depan Bumi,

Perkiraan mengenai berapa lama lagi Bumi sanggup menopang kehidupan berkisar dari 500 juta tahun hingga 2,3 bilion tahun dari sekarang.Masa depan Bumi berkaitan erat dengan Matahari.

Akibat penumpukan helium[1] di inti Matahari, luminositas total Matahari akan meningkat secara perlahan. Luminositas Matahari[2] akan meningkat sebesar 10% dalam waktu 1,1 bilion tahun ke depan dan 40% dalam waktu 3,5 bilion tahun. Peningkatan radiasi yang mencapai Bumi cenderung memiliki dampak yang mengerikan, termasuk menghilangnya lautan di planet ini.

Meningkatnya suhu di permukaan Bumi akan mempercepat siklus CO2 anorganik, mengurangi konsentrasi yang akan menyebabkan kematian tanaman di Bumi (10 ppm untuk fotosintesis C4), yang diperkirakan terjadi pada 500-900 bilion tahun ke depan.

Kurangnya vegetasi akan menyebabkan ketiadaan oksigen di atmosfer, sehingga haiwan akan punah dalam beberapa juta tahun lagi.Bilion tahun kemudian, semua air di permukaan Bumi akan habis dan suhu global akan mencapai 70 °C (158 °F).

Bumi diperkirakan efektif untuk dihuni dalam waktu 500 juta tahun dari sekarang, namun jangka huni ini mungkin bisa diperpanjang hingga 2,3 bilion tahun jika nitrogen di atmosfer habis. Bahkan jika Matahari tetap ada dan stabil, 27% air di samudra akan turun ke mantel Bumi dalam waktu satu bilion tahun lagi akibat berkurangnya ventilasi uap di punggung tengah samudra[3]

Bumi terbentuk sekitar 4,54 bilon tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada bilion tahun pertama.Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan.

Litosfer Bumi terbagi menjadi beberapa segmen kaku, atau lempeng tektonik, yang mengalami pergerakan di seluruh permukaan Bumi selama jutaan tahun. Lebih dari 70% permukaan Bumi ditutupi oleh air, dan sisanya terdiri dari benua dan pulau-pulau yang memiliki banyak danau dan sumber air lainnya yang bersumbangsih terhadap pembentukan hidrosfer.

Kutub Bumi sebagian besarnya tertutup ais; ais padat di lapisan ais Antarktika dan ais laut di paket ais kutub. Interior Bumi masih tetap aktif, dengan inti dalam terdiri dari besi padat, sedangkan inti luar berupa fluida yang menciptakan medan magnet, dan lapisan tebal yang relatif padat di bagian mantel.

Bumi berinteraksi secara gravitasi dengan objek lainnya di luar angkasa, terutama Matahari dan Bulan. Ketika mengelilingi Matahari dalam satu orbit, Bumi berputar pada sumbunya sebanyak 366,26 kali, yang menciptakan 365,26 hari matahari atau satu tahun sideris.

Perputaran Bumi pada sumbunya miring 23,4° dari serenjang bidang orbit, yang menyebabkan perbedaan musim di permukaan Bumi dengan periode satu tahun tropis (365,24 hari matahari).

Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, yang mulai mengorbit Bumi sekitar 4,53 bilion tahun yang lalu. Interaksi gravitasi antara Bulan dengan Bumi merangsang terjadinya pasang laut, menstabilkan kemiringan sumbu, dan secara bertahap memperlambat rotasi Bumi.

Bumi adalah tempat tinggal bagi jutaan makhluk hidup, termasuk manusia. Sumber daya mineral Bumi dan produk-produk biosfer lainnya bersumbangsih terhadap penyediaan sumber daya untuk mendukung populasi manusia global.

Wilayah Bumi yang dihuni manusia dikelompokkan menjadi 200 negara berdaulat, yang saling berinteraksi satu sama lain melalui diplomasi, pelancongan, perdagangan, dan aksi militer.

Sudut pandang sejarah dan budaya- Bumi dalam budaya,
Simbol astronomi standart Bumi berbentuk palang yang dikelilingi oleh sebuah lingkaran.
Tidak seperti planet lainnya di Tata Surya, sebelum abad ke-16, manusia tidak menganggap Bumi sebagai objek bergerak yang mengelilingi Matahari pada orbitnya.

Bumi seringkali diumpamakan sebagai dewa atau dewi. Dalam banyak budaya, dewi semesta juga dilambangkan sebagai dewa kesuburan.

Mitos penciptaan dalam sudut pandang berbagai agama menjelaskan bahwa Bumi diciptakan oleh Tuhan atau dewa. Sejumlah agama, terutama kaum fundamental Protestan dan Islam,menyatakan bahwa kisah penciptaan Bumi dan asal usul kehidupan dalam kitab suci adalah kebenaran hakiki dan harus dipertimbangkan untuk menggantikan teori ilmiah.

Pernyataan tersebut ditentang oleh kalangan ilmiah.dan oleh kelompok keagamaan lainnya. Perdebatan yang cukup menonjol adalah kontroversi penciptaan evolusi.

Di masa lalu, terdapat anggapan yang meyakini bahwa Bumi itu datar, namun anggapan ini digantikan oleh Bumi bulat, konsep yang diperkenalkan oleh Pythagoras (abad ke-6 SM).

Kebudayaan manusia telah mengembangkan berbagai pandangan mengenai Bumi, termasuk perumpamaan sebagai dewa planet, bentuknya yang datar, posisinya sebagai pusat alam semesta, dan Prinsip Gaia pada zaman moden, yang menyatakan bahwa Bumi adalah organisme tunggal yang mampu mengatur dirinya sendiri.

Dan pada baca juga; Google Doodle Menyambut Ulang Tahun Google yang ke-16.

Kamus Catatan;

[1] Helium (He) adalah unsur kimia yang tak berwarna, tak berbau, tak berasa, tak beracun, hampir inert, berupa gas monatomik, dan merupakan unsur pertama pada golongan gas mulia dalam tabel periodik dan memiliki nomor atom

Dengan penampilan gas tak berwarna, akan menjadi merah-jingga ketika diletakkan pada medan elektrik bertegangan tinggi

Helium adalah unsur kedua terbanyak dan kedua teringan di jagad raya, mencakupi 24% massa keunsuran total alam semesta dan 12 kali jumlah massa keseluruhan unsur berat lainnya. Keberlimpahan helium yang sama juga dapat ditemukan pada Matahari dan Yupiter.



[2] Luminositas matahari L☉, adalah satuan luminositas atau tenaga radian (tenaga yang dikeluarkan dalam bentuk foton) yang digunakan oleh astronom untuk menghitung luminositas bintang

Luminositas Matahari terkait dengan irradiansi Matahari yang diukur di Bumi atau melalui satelit dalam orbit Bumi.

[3] Punggung tengah samudra, (bahasa Inggris:Mid Oceanic Ridge) atau biasa disingkat MOR, adalah rantai gugusan gunungapi di bawah laut dimana kerak bumi baru terbentuk dari leleran magma dan aktivitas gunung berapi. MOR juga berasosiasi dengan daerah divergensi lempeng tektonik yang membentuk celah di dasar laut (rift). Kebalikan dari MOR adalah zone subduksi lempeng-Subduction Zone.

Sources ; id.wikipedia/Bumi
Kredit Foto : Google


No comments