Mengapa Sirip Hiu Dominan Dalam Makanan dan Perobatan Tradisional China?

http://fazryan87.blogspot.com/2014/11/mengapa-sirip-hiu-dominan-dalam-makanan.html
Mengapa Sirip Hiu Dominan Dalam Makanan dan Perobatan Tradisional China? Tahukah Anda kerana permintaan tinggi terhadap sirip ikan hiu,disamping harganya cukup tinggi dipasaran di beberapa negara seperti negaraTaiwan,Hongkong,Jepun Korea,China dan lainnya.

{Sirip Ikan Hiu di Taiwan}

Maka munculah apa yang dinamakan 'Perburuan Sirip Hiu' yaitu para pemburu ini akan menangkap ikan Hiu lalu melakukan pemindahan atau pemotongan sirip dari ikan hiu yang masih hidup,selepas mengambil siripnya Ikan Hiu lalu dilepaskan kembali ke laut.

Beberapa negara telah melarang praktek ini dan hanya mengizinkan seluruh tubuh ikan hiu dibawa ke pelabuhan sebelum siripnya dipotong.

Hiu yang dikembalikan ke laut dalam kondisi tanpa sirip tidak mampu bergerak secara efektif, dan mereka akan tenggelam ke dasar laut dan mati kerana sesak nafas akibat tekanan air laut dalam yang tinggi,atau dimakan oleh predator lain.

Perburuan sirip hiu dijadikan sumber pendapatan alternatif bagi kapal penangkap ikan kerana sirip hiu bersifat ringan, berukuran kecil,namun memiliki harga yang sangat tinggi. Selain itu, hiu juga terkadang menjadi tangkapan sampingan secara tidak sengaja.

Perburuan sirip hiu meningkat sepanjang dekade ini kerana peningkatan permintaan terhadap sirip hiu untuk dijadikan sup sirip hiu dan obat-obatan tradisional Cina.

 Sirip hiu merupakan salah satu 'Boga Bahari' yang paling mahal di dunia, yang dihargai sekitar US$ 400 per kg.
(Boga Bahari bermaksud makanan laut atau hidangan laut (bahasa Inggris: seafood) adalah sebutan untuk makanan berupa haiwan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya. Burung dan burung air yang terdapat di laut tidak termasuk ke dalam kategori sebutan makanan laut)


Cara dan Target sirip pada perburuan sirip hiu,
Hampir setiap sirip menjadi target perburuan sirip hiu, diantaranya sirip dorsal, sirip pectoral, sirip pelvis,sirip anus, dan sirip caudal.

Aktiviti perburuan sirip hiu memotong hiu ketika hiu masih berada di air. Bagian tubuh lainnya dari hiu tidak memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan dengan siripnya, dan massanya cukup besar sehingga tubuh hiu akan dibuang kembali ke laut, seringkali dalam keadaan masih hidup.

Nelayan tidak akan mengambil daging hiu demi menyediakan ruang lebih banyak di atas kapal bagi sirip hiu lainnya.

Pemotongan sirip hiu dapat berakibat fatal bagi kemampuan berenang hiu. Dengan hilangnya kemampuan berenang, hiu menjadi tidak mampu berburu dan menghindar dari predator.

Beberapa spesies yang dikenal dengan obligate ram ventilators harus terus bergerak untuk mengalirkan air melalui mulut ke insangnya. Tanpa kemampuan berenang, hiu tersebut akan mengalami asfiksia.

(Asfiksia (berasal dari bahasa Yunani "sphyzein" yang artinya "denyut yang berhenti") merupakan kondisi kekurangan oksigen pada pernafasan yang bersifat mengancam nyawa.Asfiksia timbul kerana adanya depresi dari susunan saraf pusat (CNS) yang menyebabkan gagalnya paru-paru untuk bernafas)

(!)Di Indonesia kini ditemukan jenis sirip ikan lain sebagai pengganti sirip ikan hiu yang mahal dan semakin susah diperolehi,Apakah jenis ikan tersebut Anda lanjutkan baca disini;

Khasiat Hebat Kegunaan Patil Ikan Keli Yang Tidak Disangka-sangka
__________

Courtesy to id.wikipedia/berbagai sumber