Khasiat Hebat Kegunaan Patil Ikan Keli Yang Tidak Disangka-sangka

http://fazryan87.blogspot.com/2014/11/khasiat-hebat-kegunaan-patil-ikan-keli.html

Khasiat Hebat Kegunaan Patil Ikan Keli Yang Tidak Disangka-sangka |
Metodologi perubatan tradisional menyebutkan ikan keli atau di Indonesia disebut 'Ikan Lele' ternyata tidak hanya nikmat disantap sebagai lauk pauk. Lebih itu jenis ikan berkepala keras ini terdapat pada bagian organ tubuhnya memiliki khasiat tergolong ampuh.

Dalam keseharian bahasa jawa disebut Patil (taji) ikan keli ternyata dipercayai dapat meningkatkan dan memulihkan tenaga dan semangat kelelaki-an yang kebanyakan memerlukankan tenaga ekstra ini.


(Patil adalah organ aksesori yang dimiliki oleh ikan keli (Clarias spp) Letaknya berada di bagian dada (ventral) tepat di bawah katup insang dan sirip dada. Bentuk Patil mirip sabit dan tajam sisinya, pada beberapa jenis ikan keli dapat melukai tangan orang yang kurang hati-hati memegangnya)


Baca juga ;Mengapa Sirip Hiu Dominan Dalam Makanan dan Perobatan Tradisional China?


Awalnya, khasiat Patil Ikan Keli ini terinspirasi dari kepopularan sirip ikan hiu  yang dipercayai oleh masyarakat Cina sangan ampuh dan berkhasiat untuk lelaki dan wanita.

Ramuan Patil Ikan Keli ini ditemukan oleh Sabhu Suryoadmodjo,salah seorang pengamal perubatan tradisional yang membuka praktik di Jakarta.Indonesia. Ketika itu ia tertarik mengamati khasiat patil lele. Ia percaya kandungan yang terdapat dalam patil lele tak kalah dengan sirip ikan hiu. Kemudian ramuan temuanya ini dia sebut dengan nama "Kopi Patil Lele"

Secara saintifiknya Ikan lele mengandung VItamin D yang cukup tinggi Ikan lele hasil budi daya mengandung asam-asid lemak omega-3 yang rendah namun memiliki asam-asid lemak omega-6 yang tinggi.

Cara membuatnya,
Caranya dengan dibuat ramuan yang mirip dengan metode pembuatan jamu. Yakni, tidak dengan dimakan sebagaimana ketika kita menyajikannya sebagai lauk-pauk. Namun, melalui cara menjadikan patil lele sebagai serbuk yang pada pemakainnya bisa diminum dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Tentu sangat praktis kerana itu serbuk ini tidak beda jauh dengan bubuk jamu tradisional.

Dengan demikian siapa saja dengan mudah bisa membuat ramuan patil lele ini. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, ramuan patil lele bisa ditambahkan serbuk kopi  yang diseduh hangat-hangat. Konon, bagi yang pernah merasakan khasiat serbuk patil lele ini, orang akan merasakan khasiat melebihi keampuhan serbuk sirip hiu. Selama ini tentang mitos serbuk sirip ikan hiu memang diakui keampuhannya. Hanya saja kerana harganya mahal tidak semua orang bisa menikmati.


Cara membuat ramuan patil lele sebagaimana tips Sabhu, pertama kali carilah patil lele secukupnya. Sebisa mungkin cari ikan lele hitam (tangkapan alam, red). Pasalnya, khasiat patil lele liar lebih manjur dibanding lele ternakan. Setelah itu, patil tersebut digoreng sangan (digoreng dengan menggunakan wajan(bekas kuali-periuk) yang terbuat dari tanah tanpa menggunakan minyak) sampai kering. Lalu tumbuk sampai halus.

Ambil satu sendok teh serbuk tersebut, kemudian campur dengan kopi dan gula sesuai selera. Setelah semua tersedia, tuangkan air panas sebanyak 250 cc ke dalam gelas. Aduk hingga rata. Barulah dalam sekejap kopi serbuk patil lele siap untuk diminum. Bila Anda kurang menyukai kopi atau tidak diperbolehkan minum kopi kerana alasan kesehatan, kopi bisa diganti dengan teh atau air perahan halia( jawa;wedang jahe).

Setelah minum kopi patil lele, tunggu sesaat sampai ada reaksi. Bila reaksi sudah terlihat segeralah menjalankan ‘tugas’ rutin yang menjadi kewajiban Anda. Mungkin ramuan tradisional ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk pengganti sirip Ikan Hiu Selamat mencoba!