[Video] Balon udara WiFi Google, sebarkan internet ke rural area

[Video] Balon udara WiFi Google, sebarkan internet ke rural area
Balon udara WiFi milik Google. ©2013 Merdeka.com

Reporter : Dwi Zain Musofa
Selasa, 18 Jun 2013Editor ;Wilhelmina


Google baru saja menciptakan sebuah cara baru untuk membuat koneksi internet semakin luas dan merata. Dalam upaya terbarunya, Google menggunakan balon udara untuk mewujudkan misi tersebut.



Sajikan internet gratis, Google luncurkan 30 balon udara WiFi

Balon yang melaju pada ketinggian 20 kilometer di atas bumi ini dirancang akan berada di udara selama 3 bulan.



Parasut dari 30 balon WiFi (Loon Ballon) yang diisi helium saat dipersiapkan peluncurannya ke angkasa di wilayah Tekapo, Selandia Baru, Sabtu (15/6).

Parasut dari 30 balon WiFi (Loon Ballon) yang diisi helium saat dipersiapkan peluncurannya ke angkasa di wilayah Tekapo, New Zealand, Sabtu (15/6).

Berdasarkan lansiran;[berita] Engadget (14/6), sebanyak 50 balon udara berisi gas helium telah diluncurkan Google di kawasan New Zealand. Balon udara yang juga di-supply dengan energi matahari ini nantinya akan membawa pemancar gelombang ke atas udara agar dapat menyebarkan signal WiFi lebih luas dan bisa dijangkau di daerah yang sebelumnya masih belum dilayari koneksi internet.
Balon udara yang digunakan dalam projek Project Loon Ballon  ini sendiri diklaim dapat terbang dua kali lebih tinggi dari pada pesawat komersil.

Penasaran dengan proyek terbaru Google dalam memperluas jaringan koneksi di dunia ini? Anda bisa melihat video cuplikan proyek tersebut di bawah ini.





No comments