#MH 370; Penemuan 'Flaperon' Dengan Hidupan Laut Menempel Padanya Akan Bantu Ungkap Lokasi Pesawat MAS



"Semakin besar teritip, semakin dalam pula puing itu tenggelam. Dan sangat mungkin team investigasi #MH370 mencari asal usul genetik teritip yang tumbuh di puing itu"





Hey Dude. Sewaktu penemuan puing-puing yang diduga milik pesawat Malaysian Airlines  di Pulau Le Reunion (milik Perancis) di kawasan Samudra Hindi.Ada sesuatu yang menarik para penyelidik.

Dimana pada
puing-puing pesawat MH370, ada sejenis haiwan hidupan laut dalam namanya "Teritip"(barnacle) terlihat menempel bagian 'flaperon'. Flaperon adalah bagian sayap pesawat yang berfungsi mengontrol kecepatan pesawat saat lepas landas dan mendarat.

Puing MH370 dan Teritip. © EPA/Karsten Moran/Merdeka.com
 
Nah, menurut ilmuwan untuk menggali lebih dalam misteri puing MH370 itu, haiwan kerabat udang bertubuh mungil ini harus diteliti.


Teritip adalah sejenis haiwan hidupan laut berbentuk seperti kerak yang hidup melekat pada udang, lobster, kepiting(ketam), hingga paus. Menariknya, meskti tidak mirip udang sama sekali, teritip termasuk kerabat udang dan kepiting.


Perlu diketahui, teritip muda memang hidup melayang dalam air mirip udang, namun saat dewasa haiwan ini akan berubah menjadi seperti batu dan menempel pada batu atau haiwan lain.


Menurut profesor asal Marine Science Center di Northastern, Brian Helmuth, penelitian teritip yang menempel pada flaperon bisa memberikan info vital pada team pencari MH370, seperti kedalaman puing flaperon itu tenggelam sebelumnya.


Selain itu, teritip juga menjadi kunci untuk mencari tahu berapa lama puing flaperon itu terdampar di lautan dan posisinya saat teritip pertama kali tumbuh di permukaanya.


"Semakin besar teritip, semakin dalam pula puing itu tenggelam. Dan sangat mungkin team investigasi MH370 mencari asal usul genetik teritip yang tumbuh di puing itu. Sebab,teritip akan berbeda jenisnya tergantung habitat (bagian laut tempatnya tumbuh)," ujar Brian Helmuth, Daily Mail (09/08).

  Baca juga artikel berkaitan disini;





Sebelumnya, penelitian terhadap teritip sering dilakukan untuk mempelajari pola pembiakan paus. Cangkang teritip dipercaya menyimpan informasi seputar suhu dan bahan senyawa kimia dari air laut tempatnya berada.

Cara ini diyakini tidak hanya bisa mempersempit atau memperkecil area pencarian puing-puing pesawat MH370 tetapi juga lokasi pasti keberadaan puing utama MH370.


Oleh kerana itu, banyak yang berharap
dan berdoa ke hadhirat Ilahi agar penelitian teritip di flaperon itu bisa memberikan khabar bahagia terkait peristiwa duka pesawat dengan 239 penumpang yang telah hilang sejak tanggal 8 Mac 2014 itu.


Semoga titik cerah penemuan #MH 370 akan kita terima secepatnya.Aamin.!
_______________
Courtesy to source

No comments